Minggu, 02 Agustus 2015

MANAJEMEN OPERASIONAL LANJUTAN (SEMESTER VI)


STRATEGI LOKASI

A. Pentingnya Lokasi
             Salah satu keputusan yang paling penting yang dibuat oleh perusahaan adalah dimana meneka akan menempatkan kegiatan operasional mereka, maka keputusan yang harus diambil selanjutnya oleh manajer operasional adalah strategi lokasi. Sejumlah perusahaan di dunia melakukannya mengingat lokasi untuk operasional sangat mempengaruhi biaya, baik biaya tetap maupun biaya variable. Lokasi sangat mempengaruhi resiko dan keuntungan perusahaan secara keseluruhan.Tujuan strategi lokasi adalah untuk memaksimumkan keuntungan lokasi perusahaan. Pilihan-pilihan yang ada dalam lokasi meliputi:
1.   Tidak pindah, tetapi meluaskan fasilitas yang ada
2.   Mempertahankan lokasi yang sekarang, selagi menambah fasilitas lain di tempat lain
3.   Menutup fasilitas yang ada dan pindah ke lokasi lain
       Pada umumnya keputusan lokasi merupakan keputusan jangkja panjang, susah sekali untuk direvisi, mempunyai efek pada biaya tetap maupun variable seperti biaya transportasi, pajak,  upah, sewa dan lain-lain. Dengan kata lain tujuan strategi lokasi adalah mamaksimumkan manfaat lokasi bagi perusahaan.

B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lokasi
         Secara umum perusahaan dalam melaksanakan strategi lokasi mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
1.  Produktifitas Tenaga Kerja
Karyawan merupakan input paling penting bagi perusahaan, sehingga tingkat produktifitas tenaga kerja sangat menentukan keberhasilan atau kesuksesan perusahaan. Berkaitan dengan strategi lokasi maka banyak perusahaan mempertimbangkan factor seberapa produktifitas tenaga kerja di beberapa alternative lokasi yang dipertimbangkan. Dan yang menarik bagi manajemen adalah kombinasi diantara produktifitas tenaga kerja dan tingkat upah tenaga kerja.  
2.  Nilai Tukar dan Resiko Mata Uang
Walaupun ingkat upah dan produktifitas tenaga kerja membuat sebuah Negara terlihat ekonomis, tetapi nilai tukar mata uang suatu Negara terhadap mata uang Negara lain yang tidak menguntungakan dapt mengeliminir penghematan yang telah dilakukan. Dan kadang-kadang perusahaan dapat mengambil keuntungan dari nilai tukar yang menguntungkan dengan memindahkan lokasi atau mengekspor produknya ke Negara lain. Dengan demikian fluktuasi mata uang mengandung unsure resiko yang cukup signifika untuk dipertimbangkan dalam strategi lokasi.
3. Biaya
Biaya yang terkadung dalam lokasi ada dua macam yaitu pertama adalah biaya nyata (tangible cost)yang dapat dihitung atau langsung dikenali secara tepat, meliputi antara lain: biaya pelayanan umu, tenaga kerja, bahan mentah, pajak, penyusutan, dan biaya lainnya. Sedangkan yang kedua adalah biaya tidak nyata (intangible cost) lebih sulit ditentukan,, meliputi kualitas pendidikan, sikap calon karyawan, standar hidup dan lain-lain yang dapat mempengaruhi proses rekrutmen.
4. Sikap
Sikap dari pemerintah pusat, wilayah maupun daerah terhadap kepemilikan swasta, penetapan zona, polusi, stabilitas tenaga kerja dan juga pola kepemimpinan. Dan tidak kalah penting adalh budaya masryarakat di lokasi tersebut.
5. Kedekatan dengan Pasar
Banyak perusahaan yang secar sengaja memilih lokasi operasionalnya dekat dengan konsumen seperti usaha restoran, salon, toko kelontong, yang menyadari bahwa kedekatandengan pasar merupakan factor utama keberhasilan usaha mereka. Deikian pula untuk uasah amanufaktur ada yang memilih lokasi dekat dengan konsumennya karena mahalnya biaya transportasi jika harus berada dio lokasi yang berjauhan.
6. Kedekatan dengan Suplier
Penempatan lokasi yang dekat dengan pemasok dan bahan mentah disebabkan oleh:
- Bahan baku mudah rusak
- Biaya transportasi mahal
- Jumlah produk yang banyak.
 Contoh banyak diterapkan pada pabrik semen, pengolahan ikan, produsen biji baja dan besi.
7. Kedekatan dengan Pesaing (Clustering)
Sepertinya agak mengherankan banyak usaha yang menempatkan lokasi operasionalnya yang dekat dengan pesaing. Akan tetapi saat ini kecenderungannya demikian dengan istilah clustering yaitu lokasi berdekatan para perusahaan yang saling bersaing, yang sering disebabkan oleh adanya informasi, bakat, modal proyek, atau sumber daya alam yang berlimpah di suatu daerah. Tidak hanya usaha manufacturing seperti dibangunnya kawasan industri saja tetapi dalam bidang jasa juga ada misalnya pada pembangunan pusat perdagangan eletronik, pusat perdagangan tekstil dan lain-lain.

Contoh 1
            Qulity Coils membayar $70 per hari dengan produksi sebesar 60 unit per hari di di connecticut,jumlah hari ini akan lebih murah jika di bandingkan dengan pabrik di meksiko dengan upah $25per hari dengan produktipitas 20 unit perhari :

Biaya tanaga kerja per hari = biaya per unit
Produk (per hari)

Kasus 1: Pabrik di Connecticut

$70 Upah per hari                     = $70 = $1,17 per Unit
60 Unit yang di produksi per hari    60 


Kasus 2: Pabrik di Juarez, Meksiko

$25 Upah per hari                     = $25 = $1,25 per Unit
20 Unit yang di produksi per hari    20








C. Metode Penentuan Lokasi
1. Location Factor Rating
Adalah sebuah metode penentuan lokasi yang mementingkan adanya obyektifitas dalam proses mengenali biaya yang sulit untuk dievaluasi. Faktor yang dipertimbangkan factor baik yang kualitatif maupun kuantitatif dianalisis dengan cara mengkuantifisir semua factor. Metode ini bisa diterapkan untuk factor-faktor yang secara umum digunakan untuk memilih lokasi, maupun factor-faktor yang dipertimbangkan untuk memilih Negara, wilayah, tempat bagi pemilihan lokasi untuk perusahan global.Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:
1.   Membuat daftar factor yang berhubungan yang sering disebut factor kunci sukses (critical success factors – CSFs)
2.   Buat pembobotan untuk setiap factor yang telah ditetapkan pada langkah 1. yang besar kecilnya tergantung signifikansinya bagi perusahaan.
3.   Buat skala penilaian untuk tiap factor (contoh 1-10, atau 1-100)
4.   Menetapkan beberapa alternative lokasi yang dinominasikan
5.   Beri penilaian untuk setiap alternative lokasi pada setiap factor dengan menggunakan skala penilaian pada langkah 3.
6.      Analisis tiap factor dengan mengalokan bobot untuk tiap factor dengan penilaian, dan jumlahkan hasilnya.
7.       Berikan rekomendasi berdasarkan nilai poin maksimal sesuai hasil yang didapatkan pada langkah 6.













Contoh 2
Ada sebuah perusahaan yang beroperasi secara global mencoba menganalisis beberapa alternative Negara untuk dijadikan nominasi lokasi anak cabang perusahaannya di luar negeri. Adapun data dan perhitungannya adalah sebagai berikut:
Critical success factor   Bobot        Nilai(1-10)                                Nilai x Bobot
Negara Negara Negara     Negara  Negara  Negara
                                                        A           B.         C                 A          B         C
Teknologi                       0.15          8           7            6              1,2         1,05     0,9
Tingkat Pendidikan        0.2            7           8            7              1,4         1,6       1,4
Aspek Politik/Hukum   0.15           6           6            7               0,9         0,9      1,05
Aspek Sosial Budaya      0.2           8           9            8              1,6         1,8        1,6
Aspek Ekonomi              0.3           7           6            8              2,1         1,8        2,4
                                                                                                  -----         -----     -----
Jumlah                                                                                     6,2          7,15      7,35

Nilai maksimal adalah 7,35 yaitu Negara C sehingga direkomendasikan untuk dipilih sebagai Negara untuk lokasi pembuka anak cabang di luar negeri.

Apabila sebuah keputusan sensitive terhadap perubahan-perubahan yang kecil, maka perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pembobotan dan penilaian. Akan tetapi banyak manajer yang menetapkan bahwa factor yang kualitatif bukan merupakan dasar utama pembuatan keputusan sehinnga aspek yang lebih kuantitatif diberikan bobot yang lebih tinggi.
2. Center of Gravity Techniques
Merupakan sebuah teknik matematis yang digunakan untuk menemukan lokasi yang paling baik untuk suatu titik distribusi tunggal yang melayani beberapa toko atau daerah Metode ini memperhitungkan jarak lokasi pasar, jumlah barang yang dikirim dan biaya pengiriman.
Langkah menggunakan metode ini adalah sebagai berikut:
1    Tetapkan jumlah barang yang dikirim dari lokasi ke gudang distribusi (yang akan dicari lokasinya) tiap periode tertentu
2.   Buka peta, tentukan suatu tempat sebagai titik origin (0,0)
3.   Tempatkan lokasi-lokasi pasar yang dilmiliki perusahaan pada suatu system koordinat dengan titik origin sebagai dasar.
4.   Tentukan koordinat gudang distribusi dengan rumus:

  Σ d ix Qi
Koordinat x pusat gravitasi = ----------------
                                                                Σ Qi

                                                  Σ d iy Qi
Koordinat y pusat gravitasi = ----------------
                                                               Σ Qi


Dimana            d ix = koordinat x lokasi i
                        d iy = koordinat y lokasi i
           



            Qi = Jumlah barang yang dipindahkan ke atau dari lokasi i

Contoh 3
Perusahaan retailer mempunyai empat toko akan menentukan lokasi gudang distributornya dengan data sebagia berikut:
Toko    Koordinat        Jumlah barang yang dikirim per periode
D         (30 ; 120)                                 2.000 unit
E          (90;110)                                   1.000unit
F          (130 ; 130)                               1.000 unit
G         (60 ; 40)                                   2.000 unit


(30x2.000)+(90x1.000)+(130x1.000)+(60x2.000)
Koordinat x pusat gravitasi= --------------------------------------------------------= 66,7
2.000 + 1.000 + 1.000 + 2.000
(120x2.000)+(110x1.000)+(130x1.000)+(40x2.000)
Koordinat y pusat gravitasi = ------------------------------------------------------- = 93,3
North-South
East-West
120  –
90  –
60  –
30  –
            |           |           |           |           |           |
                        30        60        90        120      150
Arbitrary origin
2.000+1.000+1.000+2.000
Toko D (30, 120)
Toko F (130, 130)
Toko E (90, 110)
Toko G (60, 40)
Pusat Gravitasi (66.7, 93.3)
+
 















3. Load-distance Techniques
Sebuah variasi dari pusat-of-gravity metode untuk menentukan koordinat dari fasilitas lokasi beban-teknik jarak. In this method, a single centralized site location is not found; rather, a number of different site locations are evaluated for distance and load. Dalam metode ini, dalam satu lokasi terpusat situs tidak ditemukan; sebaliknya, sejumlah lokasi berbeda situs dievaluasi untuk jarak dan beban. For example, three different sites can be evaluated as possible locations for optimal location among four different suppliers. Misalnya, tiga situs yang berbeda dapat dievaluasi mungkin lokasi optimal untuk lokasi yang berbeda di antara empat pemasok. A summary of the load distance method is given below: Ringkasan beban jarak metode yang diberikan di bawah ini:
Compute Load X Jarak untuk setiap situs.
o    Choose the site with the lowest Load X Distance. Pilih situs dengan Load X Jarak terendah.
o    Distance can be actual mileage or straight-line, based on x, y coordinates.Jarak yang sebenarnya dapat mileage atau terang-line, berdasarkan x, y koordinat.

LLD =                    

where, di mana, LD = the         LD = beban-nilai jarak.
l i = yang dinyatakan sebagai beban berat, jumlah perjalanan, atau unit yang dikirim dari situs yang diusulkan ke lokasi i.
d i =  jarak antara yang diusulkan dan lokasi situs i.
l i = the load expressed as a weight, number of trips, or units being shipped from the proposed site to location i.d i = the distance between the proposed site and location
d i =d i =
wher
di mana,          (x, y) = koordinat situs yang diusulkan
(x i , y i ) = coordinates of existing facility(x i, y i) = koordinat yang ada fasilitasi

Contoh 4
Manajer dari perusahaan sepatu NIKE yang berada di Amerika Serikat dengan beberapa cabang di kota Washington, Boston, Virginia, New York akan mengirim sepatu NIKE ke Indonesia dengan beberapa alternative kota tujuan: Bandung, Jakarta, Surabaya untuk tahun 2009 . manajer tersebut diminta untuk menentukan pilihan kota yang paling mengefisienkan biaya berdasarkan waktu biaya dan jarak. Data ditampilkan sbb :
POTENSI SITUS
Kota
X
Y
Bandung
360
180
Jakarta
420
450
Batam
250
400





SUPPLIER (PEMASOK)
Daerah
X
Y
li
Washington  (A)
200
200
75
Boston  (B)
100
500
105
Virginia (C)
250
600
135
New York (D)
500
300
60








JAWABAN

Menghitung situs 1

dA =
( XA – X1 )2 + ( YA – Y1 )2
     =  ( 200 – 360 )2 + ( 200 – 180 )2
     =  (25600) + (400)
      =  26000
      =  161,2
           
dB =( XB – X1 )2 + ( YB – Y1 )2
     =  ( 100 – 360 )2 + ( 500 – 180 )2
     =  (67600) + (102400)
      =  170000
      =  412,3

dC=( XC – X1 )2 + ( YC – Y1 )2
     =  ( 250 – 360 )2 + ( 600 – 180 )2
     =  (12100) + (176400)
      =  188500
                            =  434,2

dD =( XD – X1 )2 + ( YD – Y1 )2
     =  ( 500 – 360 )2 + ( 300 – 180 )2
     =  (19600) + (14400)
      =  34000
      =  184,4








Menghitung situs 2

dA =( XA – X2 )2 + ( YA – Y2 )2
     =  ( 200 – 420 )2 + ( 200 – 450 )2
     =  (48400) + (62500)
      =  110900
      =  333

dB =( XB – X2 )2 + ( YB – Y2 )2
     =  ( 100 – 420 )2 + ( 500 – 450 )2
     =  (102400) + (2500)
      =  104900
      =  323,9

dC =( XC – X2 )2 + ( YC – Y2 )2
     =  ( 250 – 420 )2 + ( 600 – 450 )2
     =  (28900) + (22500)
      =  51400
      =  226,7

dA =( XD – X2 )2 + ( YD – Y2 )2
     =  ( 500 – 420 )2 + ( 300 – 450 )2
     =  (6400) + (22500)
      =  28900
      =  170

Menghitung situs 3
dA =( XA – X3 )2 + ( YA – Y3 )2
     =  ( 200 - 250 )2 + ( 200– 400 )2
     =  (2500) + (40000)
      =  42500
      = 206,2

dB =( XB – X3 )2 + ( YB – Y3 )2
     =  ( 100 - 250 )2 + ( 500 – 400 )2
     =  (22500) + (10000)
      =  32500
      = 180,3

dC =( XC – X3 )2 + ( YC – Y3 )2
     =  ( 250 - 250 )2 + ( 600– 400 )2
     =  (0) + (40000)
      =  40000
      = 200

dD =( XD – X3 )2 + ( YD – Y3 )2
     =  ( 500 - 250 )2 + ( 300– 400 )2
     =  (62500) + (10000)
      =  72500
      = 269.3

  LD =
Situs 1 = (75)(161.2) + (105)(412.3) + (135)(434.2) + (60)(434.4) = 125,063
Situs 2 = (75)(333) + (105)(323.9) + (135)(226.7) + (60)(170) = 99,791      
Situs 3  = (75)(206.2) + (105)(180.3) + (135)(200) + (60)(269.3) = 77,555

* Jadi , Dipilih situs 3 karena memeiliki nilai beban jarak terkecil. Sehingga pengiriman barang akan lebih efisien melalui Kota Batam.

D. Tantangan / isu strategi dalam strategi lokasi
Industri Ritel terus berubah seiring dengan perubahan teknologi, perkembangan dunia usaha serta  kebutuhan konsumen. Bisnis Ritel adalah keseluruhan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk pengunaan yang sifatnya individu sebagai pribadi maupun keluarga. Agar berhasil dalam pasar Ritel yang kompetitif, pelaku Ritel harus dapat menawarkan produk yang tepat, dengan harga, waktu & tempat yang tepat pula. Oleh karena itu, pemahaman terhadap pelaku ritel terhadap karakteristik target pasar atau konsumen yang akan dilayani merupakan hal yang sangat penting.
Dalam operasionalnya pelaku Ritel menjalankan beberapa fungsi antara lain membantu konsumen dalam menyediakan berbagai produk & jasa. Menjalankan fungsi memecah maupun menambah nilai produk,  secara keseluruhan pengelola bisnis Ritel membutuhkan implementasi fungsi – fungsi manajemen secara terintegrasi baik fungsi keuangan, pemasaran, sumberdaya manusia, maupun operasional. Sehinga pelaku ritel dapat memahami secara penuh tentang lingkup bisnis Ritelnya, cara strategi pengembangannya dan Memanajemen bisnisnya.
            Hal – hal penting  yang harus diperhatikan dalam bisnis Ritel untuk mengembangkan keunggulan bersaing :
1. Loyalitas Konsumen
Loyalitas konsumen berarti kesetiaan konsumen untuk berbelanja di lokasi Ritel tertentu. Mempunyai konsumen yang loyal adalah metode yang penting dalam mempertahankan keuntungan dari para pesaing, jika mmeiliki konsumen yang loyal berarti konsumen memiliki keengganan untuk menjadi pelanggan pada ritel – ritel pesaing
2. Program Loyalitas
Program loyalitas adalah bagian dari keseluruhan manajemen hubungan antar konsumen, Program ini sudah umum dijalankan dalam bisnis Ritel, program loyalitas bekerja sama dengan manajemen hubungan pelanggan / Customer Relationship Marketing ( CRM ) . Anggota – anggota program loyalitas diketahui saat mereka membeli, karena mereka menggunakan beberapa tipe kartu loyalitas, informasi pembelian disimpan dalam database yang besar, dari dari database dapat diketahui jenis – jenis barang apa yang dibelioleh konsumen, dengan mengunakan cara ini pelaku ritel dapat menyesuaikan berbagai penawaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang loyal dengan baik.  Beberapa pelaku ritel yang  telah mengunakan program ini seperti : Alfa dengan AFC ( Alfa Family Club ), Carrefour dengan Kartu Belanja ( KB ) Carrefour,  Maatahari dengan MMC (Matahari Club Card ), dan masih banyak contoh lainnya.
3. Lokasi
Lokasi adalah factor utama dalam pemilihan took Konsumen, Ini juga keunggunlan bersaing yang tidak mudah ditiru. Contohnya Starbucks , mereka menciptakan keberadaan pasar yang sulit untuk disaingi, Carrefour, mereka selalu menentukan lokasi yang selalu strategis. Pemilihan lokasi yang tepat mempunyai keuntungan yaitu :
a.       Merupakan komitmen sumber daya jangka panjang yang dapat mengurangi fleksibilitas masa depan Ritel itu sendiri.
b.      Lokasi akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis Ritel dimasa yang akan dating, area yang dipilih haruslah mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi sehingga dapat mempertahankan kelangsungan toko saat awal ataupun masa yang akan datan.
   Penentuan lokasi dapat dimulai dengan memilih komunitas, keputusan ini sangat bergantung pada potensi pertumbuhan ekonomi dan stablitas maupun persaingan serta iklim politik . selain itu juga  geografis sangat menentukan .
4. Manajemen Sumber Daya Manusia
Ritel adalah bisnis tenaga kerja intensif, para pegawai memiliki peranan penting dalam memberikan layanan pada konsumen dan membangun loyalitas konsumen.
5. Sistem Distribusi & Informasi
Semua Ritel berusaha untuk mengelola usaha secara efisien, mereka terus  memenuhi kebutuhan konsumen, dan pada saat yang sama member konsumen barang-barang dengan harga lebih baik  dari pada pesaingnya atau memutuskan untuk mengunakan kesempatan guna menarik perhatian konsumen dari para pesaing denganmenawarkan jasa, barang, dan penyajian visual yang lebih baik.
6. Barang – barang yang Unik
Mengembangkan merek-merek berlabel ( juga disebut merek-merek toko ) yang merupakan produk – produk yang dikembangkan dan dipasarkan oleh ritel dan hanya tersedia dari Ritel tersebut.
7. Layanan Konsumen
Dibutuhkan waktu dan usaha untuk membangun sebuah tradisi dan reputasi untuk layanan konsumen, karena layanan konsumen yang bagus merupakan asset strategis  yang sangat berharga.
           
            Strategi komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication merupakan salah satu elemen penting yang digunakan untuk dapat menyampaikan informasi tentang produk atau jasa yang hendak dipasarkan kepada konsumen.
Kemudian brand image dapat terbentuk melalui sinergi seluruh atribut dari komunikasi pemasaran dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu berupa suatu pesan dengan citra yang positif dan seragam dalam persepsi konsumen dan calon konsumen. Starbucks Coffee merupakan kedai kopi ritel internasional yang 6 tahun belakangan ini telah mengembangkan lebih dari 40 gerai di 9 kota besar di Indonesia. PT Sari Coffee Indonesia sebagai pemegang lisensi untuk memperkenalkan dan memasarkan Starbucks Coffee pastinya memiliki strategi komunikasi pemasaran terpadu tersendiri yang diimplementasikan dan disesuaikan dengan setiap gerai Starbucks Coffee yang didirikan di lokasi berbeda yang dinilai strategis oleh manajemen.
Setiap lokasi gerai Starbucks Coffee memiliki karakteristik konsumen tersendiri sesuai dengan situasi kondisi sosial yang sudah terbentuk sehingga memerlukan penyesuaian strategi komunikasi pemasaran terpadu. Salah satunya adalah gerai Starbucks Coffee yang berlokasi di lantai ground floor atrium barat Mall Taman Anggrek dan beroperasi di dalam mall-dekat dengan air terjun (waterfall) buatan, dengan kondisi gerai yang terbuka.
Di satu pihak, kebisingan yang berasal dari keramaian pengunjung Mal Taman Anggrek dan derasnya suara air terjun menjadi sumber utama distorsi, ditambah lagi dimana kegiatan konsumen akan mudah terekpose akibat desain gerai yang terbuka. Tetapi di pihak lain, dengan situasi dan kondisi yang demikian, Starbucks Coffee Mall Taman Anggrek tetap ramai dikunjungi oleh para pelanggannya, meskipun terdapat merek lain yang mengusung tema yang sama dengan Starbucks Coffee serta terdapat gerai Starbucks Coffee lain dengan lokasi yang cukup dekat dengan situasi dan kondisi gerai yang tertutup. Dari fenomena inilah penulis tertarik melakukan penelitian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diimplementasikan dalam Starbucks Coffee Mall Taman Anggrek dan untuk mengetahui persepsi konsumen tentang strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam menciptakan brand image dari Starbucks Coffee Mall Taman Anggrek. Untuk menggumpulkan data penulis menyebarkan 100 kuesioner dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel non probability sampling secara accidental sampling pada tanggal 30 November 2007 – 2 Desember 2007. Sampel dalam penelitian ini merupakan responden yang tahu dan pernah menikmati produk minuman dan makanan dari Starbucks Coffee Mal Taman Anggrek, yang dianggap mewakili khalayak sasaran.
Untuk menganalisa data, digunakan perhitungan MS atau mean score. Berdasarkan analisis mean, dapat diketahui bahwa Starbucks Coffee Mal Taman Anggrek menggunakan seluruh atribut komunikasi pemasaran untuk mendidik hingga memasarkan produk minuman dan makanannya kepada konsumen dan calon konsumen. Dalam hal ini, atribut yang paling dominan adalah atribut kemasan dan merek melalui desain logo dari Starbucks Coffee Mal Taman Anggrek. Selain itu, atribut penjualan personal lewat penawaran produk melalui barista Starbucks Coffee Mal Taman Anggrek menjadi atribut tertinggi kedua yang diterima oleh konsumen.
Nama merek Starbucks Coffee Mal Taman Anggrek sebagai salah satu coffee shop atau kedai kopi terbaik dan tempat hang out favorit karena tempatnya yang nyaman, bebas dari asap rokok, dan lokasinya strategis telah menjadi citra dengan skor tertinggi yang telah terbentuk dan melekat dalam persepsi responden. Umumnya, citra merek yang tertanam dalam benak konsumen menunjukkan rata-rata yang baik.



--------0000000--------

1 komentar:

  1. Golden Nugget Casino & Hotel - MapyRO
    Golden Nugget Casino & Hotel is a 60000 동해 출장샵 square foot casino featuring slot machines and table games and a 650000 square foot casino.Free WiFi: 8.8Value 김포 출장샵 for money: 8.8Location 거제 출장샵 rating: 8.4Value for money: 남양주 출장샵 8.4 Rating: 8.3/10 · ‎9 제주도 출장마사지 votes

    BalasHapus